Advertisement

Ngegadgets Indonesia - Laporan firma riset pasar Strategy Analytics untuk kuartal kedua 2014
mengungkapkan bahwa platform BlackBerry mengalami penurunan pangsa
pasar global hingga menjadi kurang dari 1 persen.
Platform milik pabrikan ponsel asal Kanada tersebut kini hanya menguasai market share sebesar 0,6 persen di seluruh dunia, turun dari angka 2,4 persen pada kuartal yang sama tahun lalu.
"Pangsa
pasar BlackBerry turun dari (dua) persen ke (satu) persen selama satu
tahun terakhir karena lini perangkat BlackBerry 10 kurang diminati,"
ujar direktur Strategy Analytics Woody Oh yang dikutip oleh The
Inquirer.
Strategy Analytics mencatat bahwa angka pengkapalan
smartphone global mengalami pertumbuhan sebesar 27 persen, yakni dari
233 juta unit pada kuartal kedua 2013 menjadi 295,2 juta unit pada
kuartal kedua 2014.
Namun agaknya tak banyak pembeli yang memilih
ponsel buatan BlackBerry. Pengkapalan smartphone perusahaan itu pada
kuartal kedua 2013 tercatat sebesar 5,7 juta unit, namun angka itu
menciut menjadi hanya 1,9 juta unit pada kuartal kedua 2014.
Selain
BlackBerry, perangkat iOS juga mengalami penurunan pangsa pasar dari
13,4 persen menjadi 11,9 persen dalam kurun waktu yang sama.
Sementara
itu, platform Android menjadi semakin dominan dengan kenaikan pangsa
pasar dari 80,2 persen pada kuartal kedua 2013 menjadi hampir 85 persen pada kuartal kedua 2014.
Namun berita positif lainya datang dari pendapatan BlackBerry yang meningkat setelah riset mengenai OS terbarunya BlackBerry 10 dan telah merilis BlackBerry Z3 Jakarta Edition yan laku keras dipasaran.
Untuk perkembangan BlackBerry kedepanya Kita lihat saja aksi jenius dari John Chen selaku CEO BlackBerry sejak 2013
Advertisement